Tips Mengecas Baterai HP Agar Cepat Penuh

Sejumlah tips dalam mengecas smartphone agar baterai cepat terisi penuh, awet, dan tidak cepat rusak.
Tips Mengecas Baterai HP Agar Cepat

Pasti kamu pernah merasakan terjebak pada situasi waktu yang terbatas, sementara baterai smartphone kamu sudah sedikit dan harus diisi secepat mungkin. Itu sangat manusiawi karena semua manusia menginginkan semua proses yang dilakukannya berjalan dengan cepat. Apalagi jika kamu sedang buru-buru keluar. Jika kamu ada pada situasi tersebut, jangan panik. 

Sebenarnya ada sejumlah cara yang  dapat dilakukan untuk mempercepat pengisian baterai smartphone dan sangat ampuh untuk mengisi daya HP kamu dua kali lipat lebih cepat dari biasanya. Bahkan kadang cara-cara tersebut merupakan hal sederhana. Kitanya saja yang tidak sadar kalau hal-hal itu justru bisa membantu mempercepat pengisian daya baterai smartphone. Lantas bagaimanakah caranya? Nah simak ya pembahasan Indovirtus pada artikel kali ini.

Tips Charge Smartphone dengan Baik dan Benar

1. Gunakan Charger Original dan Sudah Support Fast Charging

Gunakan kabel original dan fast charging
Gunakan kabel original dan fast charging

Jika kamu ingin mengecas HP dengan lebih cepat, sebisa mungkin gunakan casan original di mana dapat mengalirkan arus 100% dari output yang dihasilkan oleh charger menuju smartphone kamu. Kamu juga dapat mengupgrade charger kamu dengan membeli charger Fast Charging baru yang memiliki watt lebih besar. Semakin besar watt maka semakin cepat pula mengisi daya baterai kamu. Namun kamu harus memperhatikan juga berapa maksimal watt yang dapat digunakan pada smartphone kamu agar tidak berbahaya ke depannya karena watt yang tinggi.

2. Jangan Menggunakan HP Selagi Mengisi Daya Baterai

Jangan gunakan HP kamu selagi dicas
Jangan gunakan HP kamu selagi dicas

Hal yang membuat proses charge menjadi semakin lama adalah Smartphone tersebut digunakan untuk chatting, browsing, bermain game dan segala aktivitas lainnya sembari diisi daya. Jika ingin lebih cepat, taruh smartphone pada tempat yang keras dan dingin seperti meja atau lantai, jangan di tempat empuk dan yang bisa menyerap panas seperti tempat tidur atau sofa. Selain itu, tinggalkan HP kamu ketika sedang mengisi baterai dan sebisa mungkin jangan menggunakan ketika sedang dicharge.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan mode pesawat untuk pengisian baterai lebih cepat
Aktifkan mode pesawat untuk pengisian baterai lebih cepat

Kapasitas daya pada baterai jelas digunakan untuk operasional smartphone. Sebut saja salah satunya adalah untuk mencari sinyal. Hal ini jelas memakan banyak daya, apalagi jika sinyal yang kamu gunakan untuk konektivitas smartphone adalah sinyal teknologi tinggi seperti 3G atau 4G. Jadi, jika kamu ingin proses pengisian baterai smartphone kamu berjalan lebih cepat, cara mempercepat pengisian baterai smartphone kali ini sangat simple. Ketika re-charging, matikan data seluler smartphone kamu. Dengan begitu, smartphone tidak akan mencari sinyal apapun, baik sinyal dari BTS, WiFi di sekitar tempat kamu berada, serta mencari navigasi keberadaan kamu dengan GPS tetapi masih menerima panggilan masuk yang mana tau penting. Dengan begitu, jelas daya hanya akan tersimpan untuk baterai.

4. Jangan Melakukan Charge HP Menggunakan Port USB di Komputer atau Laptop

Jangan cas HP kamu di Laptop
Jangan cas HP kamu di Laptop

Kamu bisa melakukan charge handphone kamu melalui USB di komputer maupun laptop, tetapi cara ini tidak akan mempercepat prosesnya malah cenderung memperlambat. Selalu gunakan charger yang tercolok langsung di stop kontak/ steker / colokan listrik. Jika kamu dalam keadaan darurat dan tidak ada stop kontak di sekitar kamu ya boleh-boleh saja menggunakan port USB di Komputer ataupun Laptop.

5. Kalibrasi Baterai

Perhatikan baterai smartphone kamu
Jangan tunggu baterai HP 0%

Poin terakhir ini yang sering disepelekan oleh banyak orang. Smartphone yang digunakan hingga benar-benar kehabisan daya alias 0% dapat memperpendek umur baterai. Akibatnya, akan sering terjadi ketidaksempurnaan pengisian baterai. Sebenarnya cara merawat baterai HP sangatlah mudah. Segera lakukan pengisian ulang (re-charging), minimal ketika baterai sudah berada pada posisi 15%. Jangan terus dipaksa menghabiskannya hingga mati total. Setelah itu, rajin-rajinlah melakukan kalibrasi minimal sebulan sekali. 

Selain batas bawah baterai yang harus diingat yakni 15%, Indovirtus sarankan untuk kamu juga memperhatikan batas atas. Jika kamu tidak sedang bepergian cukup charge HP kamu hingga 85% saja jangan sampai 100%. Hal ini dapat memperpanjang usia baterai smartphone.

6. Hindari Wireless Charging

Wireless Charging
Wireless Charging

Selain lewat sumber listrik seperti stop kontak dan menghubungkan HP dengan pc pakai usb, kita juga bisa mengisi daya secara wireless atau nirkabel. Walaupun terdengar simpel dan praktis, nyatanya cara ini ternyata justru membuat pengisian daya berjalan lebih lambat.

Hal ini dikarenakan ketika mengisi daya secara wireless, masih terdapat energi atau daya yang terbuang. Selain itu, proses pengisian daya secara wireless ini juga memungkinkan HP menjadi lebih cepat panas sehingga menghambat masuknya daya. 

Penutup

Itu tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat pengisian baterai HP kamu. Jika kamu masih memiliki pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar. Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan update informasi menarik seputar Android lainnya, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar